;

Senin, 14 Mei 2012

Perkembangan Kepribadian Anak

Senin, 14 Mei 2012



   Perkembangan Kepribadian Anak - Muhibin Syah menjelaskan proses Perkembangan meliputi :
  •    Perkembangan motor (motor development) yakni proses perkembangan yang progressif dan berhubungan dengan perolehan aneka ragam ketrampilan fiaik anak (motoe skills)
  •    Perkembangan kongnitif (cognitive develoment) yakni perkembangan yang fungsi intelektual atau proses perkembangan kemampuan/kecerdasan otak anak 
  •     Perkembangan sosial dan moral (social and moral development) yakni proses perkembangan mental yang berhubungan dengan perubahan perubahan cara anak dalam berkomunikasi dengan objek atau orang lain, baik sebagai individu maupu sebagai kelompok.
Menurut Usman (1995) bahwa Perkembangan Kepribadian Anak dapat di ciptakan dengan menciptakan kondusif belajar mengajar yang menentukan keberhailan siswa yaitu :
a.       Melibatkan siswa secara aktif
b.      Menarik minat dan perhatian siswa
c.       Membangkitkan motivasi siswa
d.      Prinsi individualis
e.       Peragaan dalam pengajaran
  • Teori Belajar
Hakikat pekerjaan mengajar bukanlah melakukan sesuatu bagi murid, tetapi lebih berupa menggerakan murid melakukan hal hal yang dimaksudkan menjadi tujuan pendidikan.
Kepribadian
  • Pembentukan pola kepribadian adalah melalui suatu proses interaksi di dalam dirinya sendiri dengan pengaruh pengaruh dari ingkungan luar. 
 Faktor faktor Perkembangan Kepribadian Anak yang terdapat pada diri anak sendiri yang mencangkup :
a.       Faktor yang berhubungan dengan kondisi tubuh, keadaan fisik, keadaan fisiologis, ketangkasan motorik, keadaan mental dan emosionalitas seseorang mempengaruhi sifat sifat dan tingkah lakunya.
b.      Struktur tubuh berkenaan dengan, keSehatan anak, kegemukan kurus dan pendek, atau tinggi mempengaruhi sikap orang tua terhadap anak dan orang lain dalam memperlakukan seseorang.
c.       Koordinasi motorik berkaitan dengan kemampuan motorik atau gerak dan ketangkasan anak dalam suatu bidang menempatkanya pada kelompok lebih tinggi usianya dari pd teman sebayanya.
d.      Kemampuan mental dan bakat khusus berkaitan dengan kecerdasan tinggi, hambatan mental, bakat khusus.
e.       Emosionalitas berhubungan dengan bagaimana anak merespon lingkunganya dalam berinteraksi ada yang cepat dan ada pula yang lama
  • Perkembangan Kepribadian Anak akibat pengaruh Lingkungan
a.       Rumah
Keberadaan rumah merupakan ligkungan pertama yang berperan dalam Perkembangan Kepribadian Anak
Ada beberapa sifat lingkungan rumah yang dapat membentuk lingkungan kepribadian anak :
-          Kesediaan orang tua menerima anak ebagai anggota keluarga
-          Pertengkaran dan perselisian sebaiknya tidak terjadi di depan anak
-          Adanya sikap demokratis yang memungkinkan anak mengikuti arah mintnya sendiri
-          Penyesuaian yang baik antara ayah dan ibu dalam pernikahan
-          Keadaan ekonomi yang serasi
-          Penerimaan sosial para tetangga terhadap keluarga.
b.      Sekolah
Pengaruh sekolah terhadap Perkembangan Kepribadian Anak dapat dibagi menjadi 3 kelmpok :
-          Kurikulum dan anak
-          Hubungan guru dan murid
-          Hubungan antara anak
  • Membentuk pribadi utuh melalui pembelajaran Perkembangan Kepribadian Anak
Pembentukan kepribadian utama merupakan tujuan pendidikan yang dilaksanakan baik di rumah di sekolah atau masyarakat.
Menurut Sarwono 1984 karakteristik penting dalam Perkembangan Kepribadian Anak yaitu :
a.       Penampilan fisik Semua menggambarkan kepribadian dari orang yang bersangkutan
b.      Tempramen yaitu suasana hati yang menetap dan khas orang yang bersangkutan
c.       Kecerdasan dan kemampuan
d.      Arah minat dan pandangan tentang nilai nilai
e.       Sikap sosial
f.       Kecenderungan kecenderungan dalam motivasinya
g.      Cara cara pembawaan diri

Jadi pengalaman belajar harus dijadikan guru sebagai pembelajaran dari pengalaman hidup yang memperkaya pribadi seseorang anak menuju kematanganya. Proses Perkembangan Kepribadian Anak muncul dalam pengalaman anak didik melalui rancangan kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dengan dukungan berbagai faktor sesuai sistem pembelajaran di kelas atau di luar kelas.


TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Ninik - 11.21

0 komentar:

Poskan Komentar

ninik9001.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.