Perkembangan Kepribadian Anak - Muhibin Syah menjelaskan proses Perkembangan meliputi
:
- Perkembangan
motor (motor development) yakni proses perkembangan yang progressif dan
berhubungan dengan perolehan aneka ragam ketrampilan fiaik anak (motoe skills)
- Perkembangan
kongnitif (cognitive develoment) yakni perkembangan yang fungsi intelektual
atau proses perkembangan kemampuan/kecerdasan otak anak
- Perkembangan
sosial dan moral (social and moral development) yakni proses perkembangan
mental yang berhubungan dengan perubahan perubahan cara anak dalam
berkomunikasi dengan objek atau orang lain, baik sebagai individu maupu sebagai
kelompok.
Menurut Usman (1995) bahwa Perkembangan Kepribadian Anak dapat di ciptakan dengan menciptakan
kondusif belajar mengajar yang menentukan keberhailan siswa yaitu :
a.
Melibatkan siswa secara aktif
b.
Menarik minat dan perhatian siswa
c.
Membangkitkan motivasi siswa
d.
Prinsi individualis
e.
Peragaan dalam pengajaran
Hakikat pekerjaan mengajar bukanlah melakukan
sesuatu bagi murid, tetapi lebih berupa menggerakan murid melakukan hal hal
yang dimaksudkan menjadi tujuan pendidikan.
Kepribadian
- Pembentukan pola kepribadian adalah melalui suatu
proses interaksi di dalam dirinya sendiri dengan pengaruh pengaruh dari
ingkungan luar.
Faktor
faktor Perkembangan Kepribadian Anak yang terdapat pada diri anak sendiri yang mencangkup :
a.
Faktor yang berhubungan dengan kondisi
tubuh, keadaan fisik, keadaan fisiologis, ketangkasan motorik, keadaan mental
dan emosionalitas seseorang mempengaruhi sifat sifat dan tingkah lakunya.
b.
Struktur tubuh berkenaan dengan,
keSehatan anak, kegemukan kurus dan pendek, atau tinggi mempengaruhi sikap
orang tua terhadap anak dan orang lain dalam memperlakukan seseorang.
c.
Koordinasi motorik berkaitan dengan
kemampuan motorik atau gerak dan ketangkasan anak dalam suatu bidang
menempatkanya pada kelompok lebih tinggi usianya dari pd teman sebayanya.
d.
Kemampuan mental dan bakat khusus
berkaitan dengan kecerdasan tinggi, hambatan mental, bakat khusus.
e.
Emosionalitas berhubungan dengan
bagaimana anak merespon lingkunganya dalam berinteraksi ada yang cepat dan ada
pula yang lama
- Perkembangan Kepribadian Anak akibat pengaruh
Lingkungan
a.
Rumah
Keberadaan
rumah merupakan ligkungan pertama yang berperan dalam Perkembangan Kepribadian Anak
Ada
beberapa sifat lingkungan rumah yang dapat membentuk lingkungan kepribadian
anak :
-
Kesediaan orang tua menerima anak ebagai
anggota keluarga
-
Pertengkaran dan perselisian sebaiknya
tidak terjadi di depan anak
-
Adanya sikap demokratis yang
memungkinkan anak mengikuti arah mintnya sendiri
-
Penyesuaian yang baik antara ayah dan
ibu dalam pernikahan
-
Keadaan ekonomi yang serasi
-
Penerimaan sosial para tetangga terhadap
keluarga.
b.
Sekolah
Pengaruh
sekolah terhadap Perkembangan Kepribadian Anak dapat dibagi menjadi 3 kelmpok :
-
Kurikulum dan anak
-
Hubungan guru dan murid
-
Hubungan antara anak
- Membentuk pribadi utuh melalui
pembelajaran Perkembangan Kepribadian Anak
Pembentukan
kepribadian utama merupakan tujuan pendidikan yang dilaksanakan baik di rumah
di sekolah atau masyarakat.
a.
Penampilan fisik Semua menggambarkan
kepribadian dari orang yang bersangkutan
b.
Tempramen yaitu suasana hati yang
menetap dan khas orang yang bersangkutan
c.
Kecerdasan dan kemampuan
d.
Arah minat dan pandangan tentang nilai
nilai
e.
Sikap sosial
f.
Kecenderungan kecenderungan dalam
motivasinya
g.
Cara cara pembawaan diri
Jadi
pengalaman belajar harus dijadikan guru sebagai pembelajaran dari pengalaman hidup
yang memperkaya pribadi seseorang anak menuju kematanganya. Proses Perkembangan Kepribadian Anak
muncul dalam pengalaman anak didik melalui rancangan kegiatan yang dilaksanakan
oleh guru dengan dukungan berbagai faktor sesuai sistem pembelajaran di kelas
atau di luar kelas.