Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif lebih memperkaya dan
mendalam suatu permasalahan yang difokuskan pada pembelajaran, lebih spesifik
pada menganalisa suatu proses pembelajaran. Dalam hal ini kemampuan analisa meruakan
kemampuan menguraikan bahan bahan yang telah dipelajari itu menjadi komponen
komponen sehingga struktur dari yang dipelajari menjadi lebih jelas.
Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif mengatakan
bahwa belajar tidak hanya sekedar melibatkan stimulus dan respon. Tingkah laku
seseorang di tentukan oleh persepsi serta pemahamanya tentang situasi yang
berhubungan dengan tujuan belajar.
Karena belajar merupakan aktivitas
yang melibatkan proses berpikir yang sanga kompleks, dalam proses belajar
disini antara lain mencangkup pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikan
dengan struktur Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif yang sudah terbentuk di dalam pikiran seseorang
berdasar pengalaman pengalaman sebelumnya ( C. Asri Budiningsih, 2003 : 34 )
Menurut Kemp dan Dayton (1985:
13-14), Ciri umum dari Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif yaitu bahwa
kebermaknaan, pemahaman dan kemampian mengelola merupakan karakteristik yang
mendasar pada tingkah laku manusia.
Berikut
Asumsi dan Penjelasan Teori Belajar dam Pembelajaran Kongnitif
- · Pembelajaran sekarang berasal dari proses pembelajaran sebelumnya : Siswa memiliki latar belakang dan motivasi yang berbeda sehingga merekan mengkontruksi suatu hal yang sama secara berbeda
- · Pembelajaran melibatkan Proses informasi : ini merupakan proses aktif yang mengacu pada pengetahuan siswa
- · Pemaknaan Hubungan : Pemaknaan dikonstruksi dari pengalaman yang merupakan refleksi hubungan antara proses pembelajaran sebelumnya dengan yang baru
- · Kegiatan Belajar Mengajar menekankan pada hubungan dan strategi : Penekananya pada kebermaknaan yang tujuanya membantu siswa belajar dan bagaimana cara belajar
Asumsi Umum Tentang
Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif
- a. Piaget
Piaget adalah Seorang tokoh psikologi
kognitif yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan pemikiran para pakar
kognitif lainya ( C. Asri Budinigsih, 2005:21)
Hal ini benyimpulkan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif terdiri dari 3 tahap :
1. simulasi adalah Proses penyatuan
informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada dalam benak siswa
2. Akomodasi adalah Penyesuaian Struktur
Kognitif kedalam situasi yang baru
3. Equilibrasi adalah Penyesuaian
berkesinambungan antara Asimilasi dan Akomodasi
- b. Bruner
Jerome Bruner Adalah Seorang pengikut
setia teori kognitif, khususnya dalan studi perkembangan fungsi kognitif
Hal ini membedakan Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif menjadi 3 tahapan
:
1. Informasi, tahap awal untuk
memperoleh pengetahuan atau pengalaman baru
2. Transformasi, tahap memahami,
mencerna dan mengiris pengetahuan baru serta ditransformasikan dalam bentuk
baru yang mungkin bermanfaat untuk hal hal yang lain
3. Evaluasi, mengetahui apakah hasil
transformasi pada tahap kedua tadi benar atau tidak
|
Ninik
Ikuti @CariesArie |
|
7 komentar:
taruh di bawahnya
Info yang menarik ini Bu. Seeep. Salam.
Btw... ada nih backlink gatis plus bisa review blog sendiri sekalian promosi blog. Boleh dicoba loh... hehehe
Pasang Iklan Baris Gratis
thaNks Sudah berkunjung balik.
makasih sudah berkujung td, giliran saya berkunjung disini..masih infonya....
yuhuuu,,,
makasih atas infonya :D
salm kenal,,
@ JINGUK
@ Benn Dwi
makSih AtaS kuNjuNgaNya.
Keren dan Mantab sobat, MAMPIR SOBAT
Posting Komentar