;

Rabu, 25 April 2012

Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif

Rabu, 25 April 2012




Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif lebih memperkaya dan mendalam suatu permasalahan yang difokuskan pada pembelajaran, lebih spesifik pada menganalisa suatu proses pembelajaran. Dalam hal ini kemampuan analisa meruakan kemampuan menguraikan bahan bahan yang telah dipelajari itu menjadi komponen komponen sehingga struktur dari yang dipelajari menjadi lebih jelas.
Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif mengatakan bahwa belajar tidak hanya sekedar melibatkan stimulus dan respon. Tingkah laku seseorang di tentukan oleh persepsi serta pemahamanya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajar.
Karena belajar merupakan aktivitas yang melibatkan proses berpikir yang sanga kompleks, dalam proses belajar disini antara lain mencangkup pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikan dengan struktur Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif yang sudah terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasar pengalaman pengalaman sebelumnya ( C. Asri Budiningsih, 2003 : 34 )
Menurut Kemp dan Dayton (1985: 13-14), Ciri umum dari Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif yaitu bahwa kebermaknaan, pemahaman dan kemampian mengelola merupakan karakteristik yang mendasar pada tingkah laku manusia.

Berikut Asumsi dan Penjelasan Teori Belajar dam Pembelajaran Kongnitif
  • ·    Pembelajaran sekarang berasal dari proses pembelajaran sebelumnya : Siswa memiliki latar belakang dan motivasi yang berbeda sehingga merekan mengkontruksi suatu hal yang sama secara berbeda
  • ·         Pembelajaran melibatkan Proses informasi : ini merupakan proses aktif yang mengacu pada pengetahuan siswa
  • ·         Pemaknaan Hubungan : Pemaknaan dikonstruksi dari pengalaman yang merupakan refleksi hubungan antara proses pembelajaran sebelumnya dengan yang baru
  • ·         Kegiatan Belajar Mengajar menekankan pada hubungan dan strategi : Penekananya pada kebermaknaan yang tujuanya membantu siswa belajar dan bagaimana cara belajar
 
Asumsi Umum Tentang Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif
  • a.      Piaget
Piaget adalah Seorang tokoh psikologi kognitif yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan pemikiran para pakar kognitif lainya ( C. Asri Budinigsih, 2005:21)
Hal ini benyimpulkan bahwa Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif terdiri dari 3 tahap :
1.    simulasi adalah Proses penyatuan informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada dalam benak siswa
2.      Akomodasi adalah Penyesuaian Struktur Kognitif kedalam situasi yang baru
3.      Equilibrasi adalah Penyesuaian berkesinambungan antara Asimilasi dan Akomodasi

  • b.      Bruner
Jerome Bruner Adalah Seorang pengikut setia teori kognitif, khususnya dalan studi perkembangan fungsi kognitif
Hal ini membedakan Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif menjadi 3 tahapan :
1.     Informasi, tahap awal untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman baru
2.   Transformasi, tahap memahami, mencerna dan mengiris pengetahuan baru serta ditransformasikan dalam bentuk baru yang mungkin bermanfaat untuk hal hal yang lain
3.     Evaluasi, mengetahui apakah hasil transformasi pada tahap kedua tadi benar atau tidak

Demikian Sedikit Uraian Tentang Teori Belajar dan Pembelajaran Kognitif Semoga bermanfaat





TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Ninik - 15.03

7 komentar:

Anonim mengatakan... Reply Comment

taruh di bawahnya

BosCoy mengatakan... Reply Comment

Info yang menarik ini Bu. Seeep. Salam.

Btw... ada nih backlink gatis plus bisa review blog sendiri sekalian promosi blog. Boleh dicoba loh... hehehe

Pasang Iklan Baris Gratis

ninik mengatakan... Reply Comment

thaNks Sudah berkunjung balik.

JINGUK BLOG mengatakan... Reply Comment

makasih sudah berkujung td, giliran saya berkunjung disini..masih infonya....

Benny Dwi mengatakan... Reply Comment

yuhuuu,,,
makasih atas infonya :D

salm kenal,,

ninik mengatakan... Reply Comment

@ JINGUK
@ Benn Dwi
makSih AtaS kuNjuNgaNya.

Makcum Abdu mengatakan... Reply Comment

Keren dan Mantab sobat, MAMPIR SOBAT

Posting Komentar

ninik9001.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.